Pasukan Elite di dunia

Tiap negara pasti memiliki tentara kuat yang digunakan untuk menjaga dan mempertahankan negara tersebut. Pada zaman sekarang ini banyak sekali satuan-satuan khusus prajurit yang dibentuk dengan kuat dengan maksud dan tujuan tertentu. Tentara khusus yang dibentuk itu biasanya disebut pasukan elit. Para pasukan elit ini sangatlah berbeda dengan tentara pada umumnya. Disamping mendapat pelatihan yang sangat keras, para pasukan elit ini pun juga memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda dengan tentara lain yang biasanya ditugaskan untuk maju ke medan perang. Berikut Pasukan-pasukan elit modern terkuat di dunia:

1. Special Air Service (SAS), Inggris

Pasukan SAS
The Special Air Service (SAS) adalah satuan Angkatan Darat Inggris yang didirikan pada tahun 1941 sebagai resimen, dan kemudian dibentuk kembali sebagai korps di tahun 1950. Sebagai model untuk pasukan khusus di seluruh dunia, unit ini melakukan sejumlah peran termasuk pengintaian rahasia, kontra-terorisme, aksi langsung dan pengumpulan intelijen manusia.Korps ini terdiri dari 22 Special Air Service Regiment (SASR), komponen biasa, di bawah komando operasional Pasukan Khusus Inggris, dan 21 (Artists) Special Air Service Regiment dan 23 Special Air Service Regiment, dimana unit cadangan di bawah komando operasional 1 Intelijen, Surveillance dan Reconnaissance Brigade. Special Air Service memiliki Gaya bela diri Gon-Ryu Karate, korps ini mendapatkan ketenaran dan pengakuan di seluruh dunia setelah berhasil menyerang Kedutaan Besar Iran di London dan menyelamatkan sandera selama tahun 1980, ketika kedutaan tersebut di serang oleh teroris.

2. Mossad (Israael)

Pasukan Mossad
Mossad adalah pasukan Elit hebat berikutnya yang berasal dari negara Israel. Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan Intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Mossad merupakan identitas utama dalam komunitas intelijen Israel dimana direktur Mossad ini harus melapor langsung kepada Perdana Menteri. Mossad yang memiliki Gaya beladiri Israeli Krav Maga ini memiliki peran dan fungsi sama seperti Central Intelligence Agency (CIA), Amerika.

3. Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS), Indonesia

Pasukan KOPASSUS
KOPASSUS adalah pasukan khusus milik Indonesia. Pasukan KOPASSUS adalah pasukan elit yang dibentuk dari Angkatan Darat Indonesia. Pasukan KOPASSUS dengan beladiri yang mereka sebut Merpati Putih ini memiliki tugas untuk melakukan operasi khusus demi kepentingan negara seperti sabotase, kontra pemberontakan, kontra terorisme dan pengumpulan Intelijen. KOPASSUS yang didirikan pada 16 April 1952 ini memiliki kemampuan Individu pasukan yang luar biasa. Terbukti ketika latihan bersama antara KOPASSUS dan Navy Seal yang hanya menggunakan senjata Uzi, para tentara Navy Seal dibuat seperti sekumpulan bocah pramuka oleh KOPASSUS. Mungkin KOPASSUS kalah dalam segi peralatan canggih Navy Seal namun untuk kemampuan Individu terbukti KOPASSUS lebih unggul.

4. Russian Spetsnaz (Rusia)

Pasukan Spetsnaz
Pasukan elit Rusia ini bernama Russian Spetsnaz. Russian Spetsnaz dapat mengacu ke setiap elit dibawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) dan Internal Departemen Dalam Negeri Rusia. Russian Spetsnaz yang memiliki Gaya bela diri Russian Sambo ini mempunyai moto yang cukup beringas. “Betapa bodohnya mereka yang ingin membunuh kami dengan cara mereka, mereka hanya tidak tahu bahwa darah yang akan bertumpahan nantinya berasal dari mereka sendiri” kata Russian Spetsnaz.

5. Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale (GIGN), Prancis

Pasukan GIGN
GIGN adalah pasukan elit yang dimiliki negara Perancis. GIGN adalah elite Gendarmerie dimana memiliki tujuan khusus untuk kontra terorisme dan penyelamatan sandera. Para personil GIGN dilatih dengan pelatihan peraturan polisi yang mencakup negosiasi dan penyelidikan spesialis. Unit GIGN ini dibentuk dan ditingkatkan seperti tim SWAT (Special Weapon And Tactics).

Postingan populer dari blog ini

The biggest passenger aircraft in the world