Pesawat kargo terbesar di dunia

Pesawat Kargo merupakan pesawat yang digunakan untuk mengangkut barang atau komoditas lainnya. Pada umumnya pengangkutan kargo dijadikan satu dengan pesawat penumpang komersial misalnya Boeing 747. Namun seiring dengan kebutuhan pengiriman paket atau kargo yang lebih cepat maka dibuatlah pesawat angkut sendiri yang sering dinamakan dengan "cargo freighter". Berikut 5 pesawat kargo terbesar yang masih digunakan sampai saat ini.


5. Boeing 747 LCF (DreamLifter)

Boeing 747 Large Cargo Freighter atau DreamLifter merupakan pesawat kargo berbadan lebar dan terpanjang di dunia. Pesawat ini merupakan modifikasi dari Boeing 747-400, dan digunakan khusus untuk mengangkut bagian-bagian pesawat Boeing.
Boeing DreamLifter lepas landas
Pesawat ini mampu mengangkut beban seberat 183 Ton dan hanya di produksi 5 buah saja sampai sekarang.
Boeing DreamLifter memuat barang


4. Antonov An-124

Antonov An-124 merupakan pesawat kargo terbesar ke-2 di dunia, Pesawat ini dapat menempuh jarak 5.400 Km. Pesawat ini masih digunakan oleh Militer rusia dan Maskapai Penerbangan Sipil.
Antonov An-124 lepas landas
Pesawat ini dapat mengangkut beban seberat 150 Ton.

An-124 sedang memuat kereta api
3. Airbus Beluga

Airbus Beluga merupakan pesawat kargo yang dibuat oleh perusahaan penerbangan asal prancis (Airbus). Pesawat ini adalah modifikasi dari tipe Airbus A300-600. Pesawat ini digunakan khusus untuk mengangkut bagian-bagian pesawat Airbus. Desain pesawat ini hampir menyerupai Ikan Paus Beluga, Sehingga lebih populer dengan nama Airbus Beluga.
Airbus Beluga lepas landas
Pesawat ini dapat mengangkut beban seberat 47 Ton.
Pesawat di dalam Pesawat
Saat ini telah dibuat pesawat terbaru untuk series beluga yaitu Airbus A330-743L atau Beluga XL adalah versi dari A330-700 pesawat terbang berbadan besar standar. Menjadi penerus Airbus Beluga yang sudah mulai menua. Beluga XL dibuat lebih panjang pada bagian badan atas pesawat seperti Beluga.
Airbus Beluga XL



Dirancang, dibangun dan dioperasikan oleh Airbus untuk memindahkan komponen pesawat yang lebih besar. Pesawat ini memulai penerbangan perdananya pada tanggal 19 juli 2018.

2. Lockheed C-5 Galaxy

Lockheed C-5 Galaxy adalah pesawat kargo militer terbesar di dunia, pesawat ini hanya digunakan oleh United State Air Force (USAF) sejak tahun 1969.
Lockheed C-5 Galaxy take-off
Pesawat ini dapat mengangkut beban seberat 120 Ton.
Lockhed C-5 Galaxy memuat Helikopter

1. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya merupakan pesawat terbesar didunia hingga saat ini, pesawat ini dibuat oleh perusahaan Antonov (Rusia). Pesawat ini di khususkan untuk mengangkut beban yang sangat berat. Dahulu pesawat ini digunakan untung mengangkut pesawat ulang alik Buran.
Antonov An-225 Mriya take-off
An-225 Mriya mengangkut pesawat ulang alik Buran
Pesawat ini mampu mengangkut beban yang dibilang mustahil, yaitu 250 Ton dan hanya ada 1 didunia yang masih digunakan hingga sekarang.




Postingan populer dari blog ini

The biggest passenger aircraft in the world

Pasukan Elite di dunia